logo caroline red
menu

Konsumsi BBM Innova Diesel Irit? Simak Dulu Penjelasan Ini!

author-image
Dany M. Ridwan | 16 Jul 2024
Share
share-mobil
Detail Article

Halo Sobi Caroline! Toyota Innova Diesel ataupun Innova Reborn Diesel memiliki banyak peminat karena diklaim irit bahan bakar minyak (BBM). Konsumsi BBM Innova Diesel untuk jarak 13 kilometer menghabiskan BBM sebanyak 1 liter. Konsumsi BBM Innova Diesel 2005 yang begitu irit jadi daya tarik tersendiri hingga akhirnya Toyota meluncurkan generasi kedua mobil Innova diesel yakni Toyota Kijang Innova Reborn Diesel. Sama-sama menggunakan mesin diesel, bagaimana konsumsi BBM Innova Reborn Diesel? Apakah seirit generasi pertamanya? Mari simak penjelasan selengkapnya seberapa irit konsumsi Innova Diesel dan Reborn Diesel.

Konsumsi BBM Innova Diesel

Berbagai uji coba sudah dilakukan oleh para ahli dan mendapatkan kesimpulan bahwa mobil Innova Diesel sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) termasuk irit. Konsumsi Innova Diesel untuk dalam kota sebesar 13 km/liter, sedangkan penggunaan di jalan bebas hambatan atau atau pemakaian ke luar kota konsumsinya hanya sebesar 16-18 km/liter. Berbeda dengan konsumsi BBM Innova bensin sekitar 8-9 km/liter, kemudian penggunaan ke luar kota atau di jalan bebas hambatan sebesar 11-12 km/liter. Meski begitu, sebenarnya kurang tepat bila membandingkan Toyota Kijang Innova Diesel dengan Innova bensin biasa sebab Toyota Kijang Innova Diesel termasuk kategori mobil medium MPV. Bila dibandingkan sesuai kelasnya, maka mobil ini lebih irit. Bahkan bila kamu menggunakan jenis BBM solar berkualitas seperti Pertamina Dex atau Dexlite, konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit lagi hingga 1-2 km/liter.

Alasan BBM Innova Diesel Irit

Bukan tanpa alasan kenapa mobil Kijang Innova Diesel menjadi mobil MPV yang irit di kelasnya. Toyota membekali banyak teknologi dan fitur khusus sebagai penunjang untuk menghemat konsumsi BBM.

Fitur Eco Mode 

Kijang Innova Diesel memiliki pilihan mode berkendara untuk mempermudah kamu dalam berkendara. Salah satunya menggunakan prinsip eco driving yakni Eco Mode yang berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Eco mode cukup membantu saat kamu berkendara di jalanan ibu kota yang macet sehingga tarikan mesinnya jadi lebih nyaman, tenaga yang keluar juga terbatas dan laju mobil lebih halus. Fitur Eco Mode pada mobil Innova ini dilengkapi dengan eco indicator lamp yang berguna untuk memberikan tanda atau informasi kepada pengemudi agar mengontrol permainan pedal gas dengan bijak supaya dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Eco indicator lamp akan menyala secara otomatis saat putaran mesin mencapai 2.000 rpm.

Keluaran Torsi Maksimal

Selain penggunaan fitur Eco Mode, keluaran torsi Innova Diesel cukup besar sehingga kamu gak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam. Toyota membekali mesin 4 silinder berkode 2KD-FTV dan mampu menghasilkan torsi sebesar 260 Nm pada 1.600 – 2.400 rpm dan tenaga maksimal 105dk pada 3.600 rpm. Torsi tinggi tersebut yang membuat mesin lebih bertenaga walaupun pedal gas kamu injak sedikit. Selain itu, mesin mobil akan jauh lebih awet karena kamu gak perlu mencapai RPM tinggi untuk menghasilkan tenaga maksimal. Kemudian proses engine brake yang minim saat kaki diangkat dari pedal gas ikut membantu penghematan konsumsi bahan bakar. Belum lagi efek sistem pengereman dari mesin mobil yang halus.

Spesifikasi Mesin

Bagian dapur pacunya juga ikut mendukung hemat konsumsi BBM. Toyota membekali mobil Innova Diesel generasi pertama dengan mesin 2KD-FTV common rail atau biasa disebut dengan D-4D berkapasitas 2.494 cc yang dikawinkan dengan mesin 4 silinder sehingga menghasilkan tenaga maksimal sebesar 105 dk pada putaran 3.600 rpm. Adapun di generasi keduanya yakni Toyota Kijang Innova Reborn Diesel mesinnya mengalami facelift menggunakan mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc. Banyak yang membandingkan konsumsi Innova Diesel dengan Reborn Diesel. Lebih irit mana?

Lebih Irit Mana, Innova Diesel atau Innova Reborn Diesel?

Walaupun sudah terbukti Innova Diesel generasi pertama irit konsumsi bahan bakar, akan tetapi hal sebaliknya justru terjadi pada Innova generasi kedua, Toyota Kijang Innova Reborn Diesel. Hal ini lantaran mobil generasi kedua memiliki tenaga besar, mesin mobil semakin responsif, dan tangguh maka dinilai membutuhkan konsumsi BBM lebih banyak. Padahal mobil bertenaga maksimal dan bisa lari kencang belum tentu mengonsumsi BBM banyak. 

 

Konsumsi BBM Innova Reborn Diesel pemakaian dalam kota sebesar 12,2 km/liter sedangkan pemakaian luar kota sebesar 21,5 km/liter dengan kecepatan rata-rata 80 kpj, sedangkan pada kecepatan konstan 100 kpj membutuhkan 19 km/liter. Sama seperti generasi pertamanya, Innova Reborn Diesel mengandalkan keluaran torsi maksimal dari mesin bertenaga untuk memberikan tenaga maksimal dengan putaran mesin rendah. Adapun mesin yang dibekali Toyota kepada Innova Reborn adalah mesin berkode 2GD-FTV common rail yang mampu menghasilkan torsi maksimal 360 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm. Toyota membekali teknologi khusus untuk mengontrol putaran atas dan bawah yakni teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dan intercooler sehingga walaupun kamu bermain di RPM rendah tetapi tenaganya akan tetap terasa. Selain itu, hemat konsumsi Innova Reborn Diesel juga karena pengaturan kalibrasi injektor yang tepat sehingga mesin mobil dapat memacu lebih kencang. 

 

Bisa dikatakan bahwa hemat atau borosnya konsumsi BBM tergantung dari bagaimana sistem mesinnya, gaya kamu mengemudi, setting kalibrasi injektor yang tepat agar konsumsi BBM semakin efisien yang diikuti dengan mode eco driving. Demikianlah informasi tentang konsumsi BBM Innova Diesel dan Innova Reborn Diesel. Untuk menghasilkan performa mesin yang maksimal kamu perlu memperhatikan perawatan kendaraan. Cara mudah melakukan perawatan kendaraan adalah dengan rutin melakukan servis mobil secara berkala di bengkel mobil terdekat.

Cari Mobil dengan Kondisi Bagus & Bergaransi? Simak Promo Mobil Bekas Caroline.id!

Mobil DP dan Cicilan Bisa Menyesuaikan, Mulai 0 Rupiah!

Pertama, ada promo TDP mulai 0 Rupiah. Yak kamu tidak salah baca kok, mobil TDP-nya 0 Rupiah! Dan pastinya cicilannya bisa menyesuaikan kok.

 

Konsep penawaran ini mencakup Tanda Dana Pemesanan (TDP) sebesar mulai Rp 0 Rupiah untuk mobil-mobil pilihan, dengan cicilan yang ringan, persetujuan kredit yang cepat, dan proses negosiasi hingga mencapai kesepakatan.

Jual Mobil, Dapat Dapat Penawaran Harga yang Fair

Bagi Sobi Caroline yang ingin menjual mobil atau melakukan tukar tambah, Caroline.id menyediakan tim inspeksi profesional yang akan memeriksa mobil langsung di rumah pelanggan atau di cabang Caroline terdekat yang dapat dikunjungi. Tim inspeksi ini akan melakukan pengecekan dan memberikan taksiran harga mobil dalam waktu 30 menit. Setelah kesepakatan tercapai dan dokumen lengkap, dana akan segera ditransfer dalam hitungan jam.

 

Bagi Sobi Caroline yang ingin menjual atau melakukan tukar tambah mobil lama, Caroline.id menawarkan promo khusus berupa jaminan ditawar harga tertinggi untuk mobilmu.

 

Jadi, tunggu apa lagi, JUAL BELI MOBIL BERGARANSI CUMA DI CAROLINE.ID!

 

Tanya-tanya di WhatsApp kami sekarang atau datang langsung ke Caroline.id!

 

 

banner-CTA-artikel-Caroline.jpg

AUTHOR
author-image