logo caroline red
menu

Tren Pasar Mobil Bekas 2024: Stabil di Tengah Lesunya Pasar Mobil Baru

author-image
Caroline.id | 22 Mei 2024
Share
share-mobil
Detail Article

Tahun 2024 menjadi tahun yang penuh dengan dinamika bagi industri otomotif Indonesia. Di tengah lesunya pasar mobil baru, pasar mobil bekas justru menunjukkan tren pertumbuhan yang stabil. Hal ini memicu persaingan yang semakin ketat di antara para pemain di industri ini.

 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa penjualan mobil bekas di tahun 2023 mencapai 5,8 juta unit, naik 12,5% dibandingkan tahun 2022 sedangkan penjualan mobil baru mencapai 1 juta unit . Hal ini menunjukkan bahwa permintaan mobil bekas lima kali lebih besar dibandingkan mobil baru. Bisa disimpulkan bahwa pasar mobil bekas memiliki potensi yang besar dan terus berkembang.

 

Pasar mobil bekas di Indonesia diprediksikan akan terus bertumbuh dengan pesat di tahun 2024, dengan pertumbuhan mencapai 11% menurut Gaikindo. Hal ini didorong oleh beberapa faktor utama yaitu perekonomian Indonesia yang mulai pulih meningkatkan daya beli masyarakat, populasi milenial yang semakin besar dan mulai membeli mobil menjadi pendorong utama pertumbuhan industri mobil bekas. Ditambah lagi, kompetisi yang semakin sengit di pasar mobil bekas mendorong inovasi teknologi seperti platform online dan live streaming, membantu pembeli dan penjual menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan lebih mudah dan nyaman.

 

Mobil bekas dianggap memiliki permintaan yang lebih stabil dibandingkan mobil baru. Berikut beberapa alasannya.

 

Alasan Mobil Bekas Memiliki Permintaan yang Lebih Stabil Dibandingkan Mobil Baru

1. Harga

  • Mobil bekas umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan mobil baru. Hal ini membuat mobil bekas menjadi pilihan yang lebih menarik bagi konsumen dengan budget terbatas.

 

  • Nilai mobil baru mengalami depresiasi yang lebih cepat dibandingkan mobil bekas. Artinya, mobil baru akan kehilangan nilainya lebih cepat dibandingkan mobil bekas. Hal ini membuat konsumen lebih berhati-hati dalam membeli mobil baru, dan mendorong mereka untuk mempertimbangkan mobil bekas sebagai alternatif.

2. Permintaan

  • Permintaan mobil bekas relatif stabil dan tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi ekonomi. Hal ini karena mobil bekas dianggap sebagai kebutuhan primer bagi sebagian besar orang, dan mereka tetap membutuhkan kendaraan meskipun kondisi ekonomi sedang lesu.

 

  • Permintaan mobil baru lebih sensitif terhadap siklus ekonomi. Pada saat ekonomi sedang lesu, permintaan mobil baru biasanya menurun, sedangkan permintaan mobil bekas relatif stabil.

3. Penawaran

  • Penawaran mobil bekas lebih banyak dan beragam dibandingkan mobil baru. Hal ini karena mobil bekas berasal dari berbagai sumber, seperti mobil pribadi, mobil perusahaan, dan mobil rental.

 

  • Penawaran mobil baru lebih terbatas dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti produksi, impor, dan kebijakan pemerintah.

4. Faktor Psikologis:

  • Konsumen umumnya lebih berhati-hati dalam membeli mobil baru karena harganya yang mahal. Hal ini membuat mereka lebih selektif dan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membeli.

 

  • Konsumen umumnya lebih santai dalam membeli mobil bekas karena harganya yang lebih murah. Hal ini membuat mereka lebih mudah dalam mengambil keputusan pembelian.

 

Perilaku konsumen terhadap pembelian mobil bekas mengalami pergeseran signifikan. Saat ini, konsumen semakin beralih dari dealer tradisional ke platform online untuk mencari dan membeli mobil bekas. Hal ini terlihat dari kompetisi yang semakin ketat antar penyedia layanan platform online jual beli mobil bekas.

 

Data dari GridOto.com menunjukkan bahwa pada tahun 2023, penjualan mobil bekas secara online mengalami peningkatan pesat sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini menunjukkan bahwa platform online telah menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen dalam mencari dan membeli mobil bekas.

 

Peningkatan popularitas platform online untuk pembelian mobil bekas ini dikarenakan konsumen bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman dan mudah, lebih banyak pilihan mobil bekas untuk dipilih, potensi untuk mendapatkan harga yang lebih murah, informasi yang lebih transparan tentang mobil bekas.

 

Platform online seperti Caroline.id menawarkan berbagai fitur yang memudahkan konsumen untuk mencari dan membeli mobil bekas, seperti pencarian berdasarkan merek, model, harga, dan lokasi. Caroline.id juga memberikan informasi yang lebih lengkap tentang mobil bekas, seperti foto, video, dan deskripsi terperinci. Selain itu, Caroline.id menawarkan layanan purna jual yang lebih terjamin, seperti garansi 7G+ 1 tahun yang mengcover 7 komponen utama mencakup mesin, transmisi, AC, rem, elektikal, penggerak dan kemudi, plus mobil sudah diganti oli dan filter oli serta jaminan buyback 5 hari menjadikan garansi ini sebagai garansi terlengkap yang memberikan keamanan bagi pembeli mobil bekas.

 

Caroline.id tidak hanya dapat diakses secara online, tetapi juga memiliki dealer fisik di lokasi-lokasi strategis, memungkinkan konsumen untuk meninjau mobil secara langsung dan mendapatkan layanan purna jual yang terbaik. Saat ini, Caroline.id sudah memiliki 11 cabang yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung, Cimahi. Lokasi dan alamat lengkap dari cabang Caroline.id dapat ditemukan konsumen pada website atau klik di sini.

 

Banner-beli-mobil-resize.webp
 

AUTHOR
author-image

Ikuti Kami

Jual Beli Bergaransi!

Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.