Toyota Hilux Single Cabin diesel baru saja mendapat pembaruan yang menyentuh sektor jantung pacunya pada 2019 ini. Mobil pick up Toyota tersebut kini menggunakan mesin diesel anyar yang diklaim lebih irit bahan bakar sekaligus andal. Untuk itu, caroline.id akan mengajak Anda mengenalnya lebih dekat lewat artikel review Toyota Hilux Single Cabin . Toyota Hilux bukanlah nama baru di dunia mobil komersial. Sejarah mencatat, Toyota Hilux generasi pertama lahir pada 1968. Saat itu kehadirannya membawa DNA yang dimiliki oleh Toyopet RK23. Hal ini utamanya menyangkut pada durabilitas yang merupakan faktor krusial untuk sebuah mobil komersial. Hingga saat ini, Toyota Hilux sudah memasuki generasi kedelapan. Pengembangan rancang bangunnya berada di bawah platform IMV (Innovative International Purpose Vehicle). Proyek itu sendiri dikembangkan oleh Toyota untuk menghadirkan kendaraan pick up multiguna demi memenuhi permintaan pelanggan di lebih dari 140 negara. Untuk generasi kedelapan, Toyota Hilux tersedia dalam beberapa tipe body. Namun, kali ini kita akan fokus pada varian pick up single cabin yang dijejali mesin diesel baru dengan kode 2GD-FTV. Seperti diketahui, mesin tersebut serupa dengan yang menempel pada Toyota Fortuner dan Toyota Hilux versi Double Cabin serta Extra Cabin.
Kasat mata tak terlihat adanya perubahan pada eksterior Toyota Hilux Single Cabin versi baru dibanding pendahulunya. Wajar, karena sejatinya tipe ini masih berada dalam satu generasi. Sebagai mobil pick up, penampilan Toyota Hilux Single Cabin terlihat “berisi” pada setiap lekukan body. Hal ini menjadikan mobil terlihat kokoh atau gagah. Menyoal daya angkut, Hilux Single Cabin dilengkapi bak atau dek dengan dimensi panjang 1.980mm, lebar 1.575mm, dan tinggi 480mm. Meski pada bagian body tak nampak perubahan signifikan, produsen melengkapinya dengan pelek yang punya diameter lebih besar, yaitu ring 17 dengan ukuran ban 225/70. Menurut catatan, pada versi lamanya Hilux Single Cabin memakai pelek 205/70 R15. Pembaruan ini diharapkan bisa menjadikan mobil lebih nyaman diajak melintasi berbagai kondisi medan jalan.
Tidak nampak perbedaan pada eskterior Toyota Hilux Single Cabin dengan mesin baru. | Foto: PT Toyota Astra Motor
Sudah bukan rahasia, mobil pick up dirancang sebagai kendaraan pekerja. Tugasnya tak lain menyusuri jalur distribusi guna menjamin kargo sampai di tempat tujuan. Maka itu tak aneh jika aspek fungsionalitas lebih diutamakan. Anda tak akan menemukan fitur mewah yang mengisi kabinnya. Apabila menengok ke balik kemudi, kita hanya akan melihat dua buah bangku dibungkus material gelap yang senada dengan dasbor. Desain dasbornya sendiri dibuat bertingkat dengan komponen-komponen yang terlihat tebal. Di tengah dasbor, pengemudi disuguhi jam digital pada bagian atasnya. Lalu bila menengok sedikit ke bawah maka terlihat kenop pengaturan AC yang masih manual. Beberapa kalangan lebih menyukai bentuk pengaturan seperti ini dibanding model digital karena lebih mudah digunakan.
Setelah melihat interiornya, lalu ada apa saja untuk fitur Toyota Hilux Single Cabin? Dalam hal ini produsen juga mengambil langkah minimalis. Toyota Hilux bukanlah mobil yang bertabur fitur mewah nan memanjakan. Terlebih untuk tipe single cabin yang notebene merupakan tipe dasar dari “keluarga” Hilux. Namun, bukan berarti mobil ini sama sekali tak memiliki teknologi. Sejak versi terdahulunya konsumen sudah disuguhi sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan dua buah kantung udara ditambah lagi knee airbag untuk bangku pengemudi.
Aspek inilah yang menjadi inti dari kehadiran Hilux Single Cabin diesel baru. Produsen memberikannya mesin 2GD-FTV dengan kapasitas 2.393 cc yang serupa dengan Fortuner dan Hilux Double Cabin serta Extra Cabin. Mesin 2GD-FTV yang disematkan pada Hilux Single Cabin Diesel 4x4 mampu menghasilkan power maksimum sebesar 149,6 PS dengan torsi maksimum 40,8 kgm. Di atas kertas, semburan tenaga dan torsi tersebut sangat identik dengan yang dimiliki Hilux Double Cabin dan Extra Cabin. Sama juga dengan performa dari Toyota Fortuner. Sedangkan, mesin tersebut pada varian 4x2 mampu menghasilkan maksimum power 149,6 PS dengan torsi maksimum 35 kgm. Secara keseluruhan performa mesin ini dinilai punya power dan torsi yang lebih besar sekaligus lebih efisien. Mesin itu sendiri menggunakan konfigurasi 4-silinder yang diposisikan sejajar. Memiliki 16 valve dilengkapi juga dengan VNT Intercooler. Sedangkan, penyaluran bahan bakarnya sudah menggunakan sistem injeksi dan common rail. Tenaga mesin bisa dieksplorasi melalui transmisi 6-kecepatan manual.
Mesin baru yang dipakai lebih modern dan efisien. | Foto: PT Toyota Astra Motor
Untuk pilihan tipenya, Hilux Single Cabin dengan mesin diesel tergolong lengkap. Produsen menghadirkannya dalam pilihan sistem penggerak 4x4 dan 4x2. Mana yang harus Anda pilih? Jawabannya tergantung pada kebutuhan mobilitas yang akan dijalani. Toyota Hilux Single Cabin diesel 4x4 akan sangat cocok untuk mobilitas di area dengan medan jalan yang sulit. Misalnya, sebagai kendaraan operasional di kawasan tambang atau perkebunan. Namun jika medan jalan yang akan dihadapi masih berupa aspal atau tanah yang ringan, rasanya tipe 4x2 sudah cukup mumpuni.
Langkah produsen dalam hal ini TAM (PT Toyota-Astra Motor) dalam melakukan penyegaran pada Toyota Hilux Single Cabin diesel pantas diapresiasi. Meski tak banyak pembaruan pada penampilan atau fitur, tapi setidaknya kini produk memiliki mesin yang lebih modern. Terlebih dengan adanya pula pilihan sistem penggerak 4x4 dan 4x2. Dengan begitu Toyota Hilux Single Cabin diesel siap menjadi pilihan para pengusaha yang menjadi kendaraan komersial ringan untuk menunjang operasional bisnisnya.
Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, mobil operasional perlu mendapat peremajaan. Sebelum Anda membeli kendaraan baru, pastinya Anda ingin menjual unit-unit yang sudah terlebih dahulu. Untuk itu caroline.id merupakan pilihan tepat. Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari menjual mobil di caroline.id karena menggunakan sistem penawaran terbaik. Klik banner di bawah ini untuk mengunjungi halaman jual mobil! Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog caroline.id.
Harga Mobil Bekas Toyota Kijang Innova 2015–2022: Pilihan Terbaik untuk Keluarga Indonesia
22 Apr 2025Harga Mobil Bekas Suzuki Ertiga 2018–2022: MPV Irit & Modern yang Tetap Dicari
22 Apr 2025Mobil Bekas Honda Brio Satya 2019–2022: City Car Lincah yang Siap Langsung Pakai
22 Apr 2025Harga Mobil Bekas Toyota Avanza 2018–2021: Favorit Keluarga di Jabodetabek dan Bandung
22 Apr 2025Cari Mobil Bekas Murah Cibubur? Di Sini Tempatnya!
17 Apr 2025Rekomendasi Mobil Bekas Murah Bogor di Showroom Terpercaya
17 Apr 2025Ikuti Kami
Terpopuler
Harga Mobil Bekas Toyota Kijang Innova 2015–2022: Pilihan Terbaik untuk Keluarga Indonesia
Bedah Mobil | 22 Apr 2025Harga Mobil Bekas Suzuki Ertiga 2018–2022: MPV Irit & Modern yang Tetap Dicari
Bedah Mobil | 22 Apr 2025Mobil Bekas Honda Brio Satya 2019–2022: City Car Lincah yang Siap Langsung Pakai
Bedah Mobil | 22 Apr 2025Harga Mobil Bekas Toyota Avanza 2018–2021: Favorit Keluarga di Jabodetabek dan Bandung
Bedah Mobil | 22 Apr 2025Cari Mobil Bekas Murah Cibubur? Di Sini Tempatnya!
Berita Terkini | 17 Apr 2025Jual Beli Bergaransi!
Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.