Kampas rem mobil adalah komponen yang sangat penting bagi setiap pengendara. Apabila performanya sudah tidak bagus, maka kamu tidak akan merasa aman dan nyaman lagi selama berkendara. Ditambah lagi apabila kampas rem ini habis, maka juga dapat merusak komponen lainnya misalnya saja seperti cakram rem. Maka dari itu, pada artikel ini Caroline.id akan membahas seputar ciri-ciri hingga biaya ganti kampas rem mobil, yuk simak!
Kampas rem, pad rem, atau brake pads merupakan salah satu komponen dalam rem cakram yang memiliki fungsi untuk melakukan penekanan pada bagian piringan cakram. Hal itu bisa memberikan daya gesekan untuk mampu menghentikan putaran yang dihasilkan dari rem cakram.
Baca Juga: Merawat Mobil Bekas Mudah, Cek Bagian Ini Secara Rutin
Secara mendasar, kampas rem adalah salah satu bagian dari sistem pengereman mobil, maka fungsi utama dari kampas rem mobil adalah untuk mengerem mobil. Namun disisi lain, ada juga beberapa fungsi lainnya, diantaranya:
Kampas rem akan banyak bekerja ketika mobil melaju di jalanan menanjak dan juga menurun. Itulah sebabnya kampas rem juga akan memudahkan kamu saat menyetir mobil. Namun, kampas rem tidak akan bisa bekerja secara maksimal jika tidak dirawat dengan rutin. Kampas rem yang rusak akan mengganggu sistem pengereman mobil.
Saat kampas rem tidak bisa berfungsi dengan baik dan perlu rem mendadak, maka mobil tidak dapat berhenti tepat pada waktunya. Hal itu dapat mengakibatkan terjadinya tabrakan yang sangat berisiko. Oleh karena itu, kamu perlu rutin merawat kampas rem agar kondisinya tetap prima selama berkendara.
Rem mobil memiliki fungsi utama untuk menghentikan laju kendaraan tanpa harus mematikan mesin. Maka dari itu, kampas rem akan membantu fungsi sistem pengereman mobil supaya dapat menghentikan laju mobil dengan baik sesuai keperluan, misalnya saat macet dan lampu merah.
Baca Juga: Cara Menggunakan Dongkrak Mobil dengan Benar dan Aman
Kinerja kampas rem mobil bisa berkurang seiring berjalannya waktu, yaitu daya cengkeramnya yang berguna untuk menghentikan roda mobil semakin melemah. Oleh karena itu, untuk mengetahui kapan harus penggantian kampas rem mobil kamu, berikut ini terdapat beberapa ciri kampas rem mobil habis dan harus diganti:
Apakah Sobi Caroline pernah merasakan pedal rem mobil bergetar saat diinjak? Hal ini perlu diwaspadai sebab kemungkinan besar ini termasuk salah satu ciri-ciri kampas rem mobil habis. Getaran ini berbeda dengan getaran yang dihalsikan dari sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang aktif. Secara teknis, masalah ini disebabkan oleh permukaan kampas yang sudah tidak rata sehingga tidak sempurna lagi saat mencengkeram piringan cakram rem.
Ciri berikutnya ini bisa Sobi Caroline identifikasi dengan mudah, karena dapat merasakannya langsung ketika berkendara. Jika kampas rem habis, piston yang berfungsi mendorongnya harus bergerak lebih dalam. Hal itulah yang menyebabkan pijakan pada pedal rem mobil menjadi lebih dalam juga saat mengerem. Perlu kamu ketahui bahwa menginjak pedal rem yang dalam juga dapat disebabkan karena terdapat masalah pada master rem mobil.
Apabila Sobi Caroline mendengar bunyi berdecit ketika menginjak rem, kemungkinan hal itu adalah salah satu ciri kampas rem mobil habis dan mesti diganti.
Akan tetapi, bunyi ini juga mungkin diakibatkan dari adanya kotoran yang menumpuk pada sistem pengereman. Bunyi berdecit saat mengerem ini juga bisa disebabkan oleh gesekan lempengan kampas yang telah mengenai cakram mobil.
Setiap pengguna mobil sebisa mungkin harus memastikan minyak rem mobilnya tidak berkurang. Untuk dapat memastikan jumlah volume minyak rem pada mobil, kamu bisa memeriksa tabung penampungan di area mesin. Minyak rem dari tabung tersebut akan semakin menurun ke dalam selang ketika kampas rem semakin menipis.
Kemudian ciri yang menandakan bahwa kampas rem mobil habis adalah roda mobil yang mengeluarkan asap dan bau yang sangit.
Kampas rem mobil yang habis juga bisa membuat kinerja sistem pengereman mobil menjadi menurun dan kurang pakem. Hal itu membuat mobil membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh supaya dapat berhenti di satu titik posisi jalan.
Jika rem mobil dirasa kurang pakem, Sobi Caroline sebaiknya segera melakukan pengecekan dan mengganti kampas rem. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mencegah resiko ketika berkendara.
Apabila menemukan tanda-tanda tersebut terjadi pada mobil kamu, segeralah bawa mobil Sobi Caroline ke bengkel resmi dan terpercaya untuk memeriksa kampas rem mobil tersebut. Beberapa informasi dari pabrik seperti data kekuatan usia pakai kampas rem mobil juga perlu kamu ketahui.
Sebagai informasi, kampas rem mobil matic hanya dapat menempuh jarak mulai dari 35.000 – 40.000 kilometer. Sementara itu untuk kampas rem mobil yang manual dapat mencapai mulai dari 60.000 - 70.000 kilometer.
Sebagai pemilik mobil, pernahkah Sobi Caroline perhatikan bahwa velg mobil kamu memiliki noda berupa debu hitam, khususnya di bagian depan?
Hati-hati, mungkin saja itu bukan noda biasa dan perlu diketahui bahwa noda hitam pada velg sebenarnya adalah sebuah "peringatan dini". Noda hitam yang mengotori velg tersebut adalah serpihan asbes dari kampas rem. Maka dari itu kamu perlu segera periksa mobil di bengkel terdekat untuk lakukan pengecekan dan diganti kampas remnya.
Baca Juga: Merawat Minyak Rem, Ini Caranya!
Untuk biaya ganti kampas rem itu sendiri umumnya bervariasi untuk setiap mobil, tergantung apakah penjual menawarkan onderdil yang original atau yang bukan original (KW). Pada umumnya, harga dari onderdil original berkisar dua kali lipat lebih mahal dibandingkan onderdil yang KW. Untuk lebih mengetahui biaya ganti kampas rem mobil original, berikut ini adalah informasi harga-harga kampas rem (harga sewaktu-waktu dapat berubah):
1. Alphard : Rp. 1.210.000
2. Avanza, Xenia, Rush dan Terios : Kisaran mulai dari Rp. 130.000 – 180.000 original
3. Avanza (satu set otoparts ) : Rp. 255.000
4. Chevrolet Captiva : Rp. 280.000
5. Chevrolet Spin : Rp. 215.000
6. Datsun Go : Rp. 120.000
7. Ford Fiesta : Rp. 392.000
8. Grand Livina lama : Rp. 300.000
9. Grand Livina panjang 3 row : Rp. 290.000
10. Honda CRV 00-01 : Kisaran mulai dari Rp. 200.000 – 210.000
11. Honda Jazz lama : Rp. 160.000
12. Honda Jazz RS/S : Rp. 180.000
13. Honda Jazz RS : Rp. 340.000 (satu set kampas rem depan & belakang)
14. Honda Jazz VTEC ’04-’13 : Rp. 225.000 (kampas rem belakang)
15. Honda Freed : Kisaran mulai dari Rp. 200.000 – 210.000
16. Honda Mobilio : Kisaran mulai dari Rp. 200.000 – 210.000
17. Honda New City ’04-’13 : Rp. 225.000 (kampas rem belakang)
18. Innova AFTDW02-1-12 TDW : Rp. 202.000
19. Mazda 2 : Rp. 396.000
20. New Aveo : Rp. 210.000
21. New Grand Livina D1060-EE52A : Rp. 163.000
22. Suzuki Ertiga : Rp. 394.000
23. New Alphard Vellfire : Rp. 1.050.000
Merek Mobil | Harga Ganti Kampas Rem |
Toyota Alphard | Rp. 1.210.000 |
Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios | Kisaran mulai dari Rp. 130.000 – 180.000 original |
Toyota Avanza | Rp. 255.000 (satu set otoparts) |
Chevrolet Captiva | Rp. 280.000 |
Chevrolet Spin | Rp. 215.000 |
Datsun Go | Rp. 120.000 |
Ford Fiesta | Rp. 392.000 |
Nissan Livina (lama) | Rp. 300.000 |
Nissan Grand Livina | Rp. 290.000 |
Honda CR-V | Kisaran mulai dari Rp. 200.000 – 210.000 |
Honda Jazz (lama) | Rp. 160.000 |
Honda Jazz RS/S | Rp. 180.000 |
Honda Jazz RS | Rp. 340.000 (satu set kampas rem depan & belakang) |
Honda Jazz V-TEC | Rp. 225.000 (kampas rem belakang) |
Honda Freed | Kisaran mulai dari Rp. 200.000 – 210.000 |
Honda Mobilio | Kisaran mulai dari Rp. 200.000 – 210.000 |
Honda City | Rp. 225.000 (kampas rem belakang) |
Toyota Kijang Innova AFTDW02-1-12 TDW | Rp. 202.000 |
Mazda 2 | Rp. 396.000 |
Chevrolet Aveo | Rp. 210.000 |
Nissan Grand Livina D1060-EE52A | Rp. 163.000 |
Suzuki Ertiga | Rp. 394.000 |
Toyota Vellfire | Rp. 1.050.000 |
Sebagai tambahan, semua biaya ganti kampas rem mobil diatas hanya untuk kampas rem depan, kecuali yang diberi keterangan kampas rem belakang atau satu set (depan dan belakang). Harga di atas hanyalah harga pacuan. Perlu diketahui bahwa harga di berbagai bengkel dapat bervariasi.
Cara penggantian kampas rem sebaiknya dilakukan di bengkel oleh teknisi yang berpengalaman. Namun, jika Sobi Caroline ingin mencoba melakukannya sendiri di rumah, berikut langkah-langkah untuk mengganti kampas rem mobil sendiri:
1. Lepaskan kampas rem yang sudah usang.
2. Pasang kampas rem baru sebagai pengganti kampas lama.
3. Periksa tingkat oli rem.
4. Kembali memasang kaliper ke tempatnya.
5. Pasang kembali roda.
6. Kencangkan baut roda.
7. Nyalakan mesin.
8. Pastikan mesin dalam posisi netral atau di posisi parkir, lalu injak pedal rem beberapa kali untuk memastikan kampas rem terpasang dengan baik.
Terdapat beberapa tips yang bisa Sobi Caroline lakukan sebagai pemilik mobil untuk membuat kondisi kampas rem awet dan tidak cepat habis. Berikut diantaranya:
1. Tidak berkendara secara agresif dan ugal-ugalan.
2. Rutin membersihkan dengan break cleaner agar tidak penuh debu.
3. Menggunakan kampas rem mobil original.
Informasi harga ini dapat kamu jadikan sebagai gambaran dan pertimbangan bagi Sobi Caroline. Demi keselamatan pribadi, sangat dianjurkan untuk memilih kampas rem yang original dan berkualitas, seperti yang dimiliki oleh seluruh mobil di Caroline.id!
Ikuti Kami
Terpopuler
Cari Mobil Bekas Murah Cibubur? Di Sini Tempatnya!
Berita Terkini | 17 Apr 20257 Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik di Bawah 150 Juta untuk Tahun 2025
Tips & Trik | 17 Apr 2025Rekomendasi Mobil Bekas Murah Bogor di Showroom Terpercaya
Berita Terkini | 17 Apr 2025Banyak Unit Murah! Yuk ke Showroom Mobil Bekas Karawang Caroline.id
Berita Terkini | 17 Apr 2025Di Sini Tempat Cari Mobil Bekas Murah Terpercaya di Bandung!
Berita Terkini | 17 Apr 2025Jual Beli Bergaransi!
Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.